Daftar Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Webometrics, sebuah situs yang mensurvei universitas-universitas di dunia dari kategori website Perguruan tinggi, baru-baru ini merilis daftar peringkat terbaik Universitas di dunia tahun 2011. Lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol ini mengeluarkan daftar peringkat PT dua kali dalam setahun, yakni Januari dan Juli. Data PT di seluruh dunia, tentu saja yang terdata, dikumpulkan, diolah, dan digunakan untuk memeringkat sekitar 12.000 perguruan tinggi di seluruh dunia.

Penghitungan peringkat Webometrics didasarkan atas keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi. Penilaian diukur dari empat indikator, yakni size (jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web perguruan tinggi), visibility (jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi yang dinilai). Lalu ada, rich files (relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi perguruan tinggi tersebut) dan scholar (jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain perguruan tinggi).

Entah peringkat ini benar-benar berpengaruh terhadap kualitas PT atau tidak, nmun itu yang diakui dunia. Tulisan ini disajikan untuk maksud perluasan informasi saja. PT terbaik di Indonesia versi Webometricts, berikut inilah daftarnya:

 

About these ads

Satu gagasan untuk “Daftar Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

  1. I have a tendency to agree with the whole thing that was in
    fact written throughout “Daftar Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia | Just Another Thought”.

    I am grateful for all of the tips.Thanks for the post,Arlen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s