Modifikasi Nomor Polisi

Di jalan raya, kita mungkin sering menemukan plat nomor yang didesain menjadi sebuah tulisan yang bisa dibaca. Misalnya, dari B 900 GLE digeser jadi B 900GLE (dibaca be Google).

Ya, selama ini bantak terelihat nomor kendaraan yang aneh lagi unik itu bertebaran. Bisa jadi itu kebetulan, atau memang nomor yang dipesan khusus. Namun oleh pemiliknya dimodifikasi sendiri tata letaknya. Bukankah ini bagus? Lantas apa yang bikin bahaya?

Ternyata kini, para pemilik kendaraan yang susunan tata letak nomor polisi pada plat nomornya berubah dari yang ditetapkan Kepolisian, diminta untuk diganti. Bila sudah dimodifikasi, Anda disarankan mengganti nopol tersebut dengan yang dikeluarkan Samsat. “Pemilik mobil atau motor yang memasang plat seperti itu akan diganjar denda Rp 500.000 atau pidana penjara dua bulan,” kata Baharudin dalam sebuah wawancara di Kompas.

Konon, dalam Pasal 280 UU No 22 Tahun 2009 tentang aturan larangan nopol modifikasi, disebutkan, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dipasangi tanda nomor kendaraan bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 Ayat (1) dipidana dengan kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 .” Inilah bahayanya. kalau ketahuan, bisa kehilangan Rp 500.000.

Yah. Saya tidak terlampau ada urusan sebetulnya. Toh biasanya yang punya plat nomor antik itu kebanyakan orang kaya. Biarkan mereka saja yang memikirkannya.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s