Prihatin, Tiga Gereja Pantekosta Temanggung Dibakar

KOMPAS – Setidaknya tiga gereja di Temanggung, Jawa Tengah, rusak karena menjadi sasaran amuk massa menyusul kerusuhan dalam persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan di Pengadilan Negeri Temanggung, Selasa (8/2/2011).

 VIVAnews – Dari Tiga Gereja yang diamuk massa terkait sidang penistaan agama dengan terdakwa Anthonius Richmond Bawengan, Gereja Pantekosta yang terletak di Jalan Soedirman Temanggung, Jawa Tengah paling parah kondisinya. Gereja ini sempat dibakar.

MEDIA INDONESIA- Ribuan massa pendemo sidang kasus penistaan agama atas terdakwa Anthonius Richmord Bawengan di Pengadilan Negeri (PN) Temanggung, Jawa Tengah makin brutal. Mereka membakar Gereja Shekinah yang terletak di belakang Kantor Dinas Pertanian, dan Gereja Pantekosta di Sebelah Pasar Kliwon Temanggung, Selasa Siang (8/2).

TRIBUNNEWS – Mabes Polri melansir tiga gereja dirusak massa pascasidang tuntutan lima tahun penjara terhadap terdakwa Antonius Richmon Bawengan di PN Temanggung, Jawa Tengah pada Selasa (8/2/2011) pagi.

Detik.comTiga gereja yang menjadi korban amuk massa di Temanggung, Jawa Tengah, kini telah diberi garis polisi. Polisi dan tentara tampak berjaga didampingi para pengurus gereja. Pantauan detikcom di Gereja Katolik Santo Petrus Paulus, di Jl Sudirman, Temanggung, Selasa (8/2/2011), tampak garis polisi melintang di gerbang depan. Pintu depan ruang kebaktian pecah kacanya. Dua pot besar berantakan di halaman. Gereja ini terletak sekitar 1 km dari alun-alun Temanggung.  

REPUBLIKA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengutuk tindakan anarkis terhadap sebuah gereja di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (8/2).

Empat paragraph pertama berita pembakaran tiga gereja ini sontag membuat saya semakin tercengang. Kembali lagi kasus konflik akibat sentiment agama terjadi di negeri ini. […]  Rasanya saya tak sanggup meneruskan tulisan ini. Belum lekang benak saya dari kasus Ahmadiyah, kini tambah satu lagi.. […].[]

–rifqi muhammad

Advertisements

6 thoughts on “Prihatin, Tiga Gereja Pantekosta Temanggung Dibakar

  1. Pingback: Selebaran dan Buku Antonius Richmond Bawengan « S . E . R . A . T

  2. Pingback: Kronologi kasus Antonius Richmond Bawengan sampai pembakaran Gereja di Temanggung « S . E . R . A . T

  3. Pingback: Lawan Fasisme Berkedok Agama « S . E . R . A . T

  4. Pingback: Lawan Fasisme Berkedok Agama #1 « S . E . R . A . T

  5. Hariku Telah Tiba
    Jangan takut, jangan saling menuding, jangan saling menghujat, jangan saling membunuh dan jangan takut dengan segala permasalahan yang ada dan terjadi diantara kalian serta percayalah bahwa tidak ada seorangpun yang mampu dan berhak untuk menghakimi orang lain… segala apapun yang terjadi diantara kalian, tak ada yang mampu menyelesaikannya…
    wahai para negarawan, intelektual, agamawan dan semua umat manusia di muka bumi ini yang aku cintai…, memasuki awal tahun 2011 ini aku ingin mengajak semua untuk melihat, memperhatikan dan mengamati segala bentuk permasalahan yang terjadi diantara kalian umat manusia…, permasalahan antar individu, antar suku,antar desa, antar kecamatan, antar kabupaten, antar propinsi, dan antar negara yang satu dengan yang lainnya, antar kelompok ini dan itu, antar partai ini dan itu, penyakit yang tidak mampu disembuhkan, banjir, longsor, gempa, dan lain-lain serta saling menuding, saling menghujat, saling membunuh antar agama yang sudah terjadi dari dahulu hingga sekarang…, ku katakan kepada kalian semua bahwa tidak seorang yang mampu menyelesaikannya segala permasalahan yang terjadi diantara kalian…, semua sudah harus terjadi dari tahun ke tahun hingga saat ini di muka bumi ini hanya untuk mengenapi apa yang telah ku firmankan sejak pertama kali di ladangku jauh sebelum semuanya ada dan terjadi dan itu terjadi sebelum kuusir kedua orang tuamu dari ladang firdausku hanya karena ketidakpercayaan kedua orang tua kalian kepadaku dan keinginan mereka berdua untuk hidup bersama dengan iblis…, maka kuusir dan kuperintahkan mereka untuk keluar dari ladangku menuju ke bumi ini, karena sebenarnya di bumi inilah tempat yang tepat bagi kalian yang ingin hidup bersama, bersekutu dan juga sebagai iblis…, tetapi percayalah bahwa cintaku pada kalian maka aku telah berjanji untuk datang lagi pada hari yang kuinginkan untuk memanggil dan mengantarkan kembali semua yang kupilih untuk kembali melanjutkan kehidupan di ladangku…, karena disanalah tempat yang paling tepat bagi kalian yang telah kuterjadikan sesuai dengan gambar dan rupaku…, kehidupan yang tak seorangpun diantara kalian mengetahuinya, kehidupan yang tidak akan ada kematian, kehidupan yang kekal yang penuh dengan damai dan cintaku…, kehidupan yang hanya bisa ada dan terjadi di ladangku…, percayalah…! sebenarnya aku telah berada diantara kalian sejak 50 tahun yang lalu…, tak seorangpun mengetahuinya termasuk tubuh yang kuinginkan ini… dan atas kesalahan asalnya di ladangku.., dia (Eva) yang kupilih telah menderita, wafat, dan telah bangkit kembali dari antara yang mati untuk mewartakan kabar gembira ini…, maka kukatakan kepada kalian…, bersiap dan berdoalah bersama dengan tubuh yang kuinginkan ini untuk di-nyatakannya aku berfirman nyata diantara kalian…” percayalah…! tak ada yang bersalah diantara kalian umat manusiaku…, karena seperti yang telah kufirmankan jauh sebelum semuanya ada dan terjadi serta doa “aku percaya” yang kuajarkan melalui perantaraan putraku 2000 tahun silam bahwa ” aku akan datang untuk mengadili yang hidup dan mati” bukan mengadili yang baik dan yang jahat diantara kalian, karena sebenarnya memang tidak ada yang bersalah diantara kalian…….. berbahagialah bagi mereka yang mendengar kabar gembira ini…
    percayalah…!!! …yang pertama dan benar gama bukan agama…

    • terimakasih sudah sharing gama. saya kira kisah itu cukup membuat kita mengerti bahwa kadang kita perlu menyisihkan kegamangan atas keadaan di sekitar kita. berhenti sejenak, dan merefleksikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s