Kronologi Kasus Antonius Richmond Bawengan sampai Pembakaran Gereja di Temanggung

Rentetan kejadian Antonius R Bawean atas tuduhan penistaan agama, terjadi semula sekitar Oktober tahun lalu. Ulil Abshar Abdalla, Aktivis Jaringan Islam Liberal melalui akun twitternya @ulil mengisahkan kronologinya. Saya sempat mengikuti di twitternya mas Ulil itu, namun tidak lengkap. Lantas saya cari di informasinya yang mengutib dia, ternyata ada. Berikut coba saya kisahkan ulang Kronologi kasus Antonius Richmond Bawengan sampai pembakaran Gereja di Temanggung.

Alkisah, pada bulan oktober 2010, ketika itu Antonius singgah di rumah saudaranya di Temanggung. Saat itulah dia sebarkan buku dan selebaran. Ada dua buku dan selabaran yg dibagikan oleh Antonius pada malam hari.  Keduanya itu ia masukkan ke dalam sela-sela pintu rumah penduduk. Perlu diketahui, warga yang mendapatkan selebaran tidaklah banyak. Selebaran itu memang berisi keterangan yang menghina agama, namun bukan hanya Islam, melainkan  juga agama lain.

Nasibnya memang sedang tidak mujur. Malam itu, ketika ia tengah menyebarkan selebaran itu, ada warga yang melihat. Langsung dilaporkan ke Ketua RT yang kebetulan seorang polisi. Dia kemudian ditangkap. Singkat cerita, Antonius pun diadili. Tiap kali berlangsung sidang, selalu saja dihadiri massa dengan wajah yang geram. Sehari yang lalu adalah sidang pembacaan. Karena hanya dituntut 5 tahun, warga pun marah karena mereka menginginkan Antonius dihukuman mati.

Sontag. Ekspresi kemarahan pun memuncak. Dalam senuah berita dirilis, kemarahan itu pertama-tama dilampisakan di pengadilan. Polisi pun bertindak. namun tak berhenti di situ. Akhirnya massa menyebar ke mana-mana. Ternyata massa yang menyebar itu menuju ke beberapa gereja yang memang tak jauh dari gedung pengadilan, sekitar 1 km. Ada 2 gereja dibakar, satu dirusak.

Yang juga perlu diperhatikan di sini. Massa huru-hara ini banyak dari mereka yg berasal dari luar kota, sebagaimana dikatakan oleh kepolisian dan pengakuan salah satu massa. Salah satunya dari Pekalongan dan lain-lain. Kita bisa melihat, tampak jelas sekali bahwa massa itu telah diorganisasi secara rapi. Selain karena banyak yang dari luar kota, pembagiannya menuju gereja juga sangat tidak mungkin dibilang kebetulan. Lantas pertanyaan selanjutnya, siapa yang organisir massa ini? Apa motif di baliknya? []

Advertisements

9 thoughts on “Kronologi Kasus Antonius Richmond Bawengan sampai Pembakaran Gereja di Temanggung

  1. Semua ini kerjaan abu rizal bakrie, dasar konglomerat bajingan. Rela membuat isu sara agar berita gayus tambunan bisa tertutupi oleh isu ini…. Fuck you bakrie ngentod……

  2. Jangan menuduh tanpa dasar, sebenarnya hal ini nggak perlu terjadi kalau oknum gereja itu tidak menyebarkan selebaran yang menghina agama lain.
    Islam itu agama yang toleran, tapi jangan sekali kali diusik,

    • Persoalan Antonius sudah selesai. dia juga bukan mengatasnamakan gereja, jangan dikaitkan. Ok. Antonius sudah dihukum, kini giliran kalangan fasis itu yang perlu diganjar atas kebiadabannya.

    • apa? agama islam agama toleran coba kalau hari natal atau paskah atau berita kristen pasti yang mencaci maki siapa? islam semuanya islam islam islam

  3. Pingback: Selebaran dan Buku Antonius Richmond Bawengan « S . E . R . A . T

  4. saya benar-2 penasaran tentang isi selebaran yang menggegerkan itu, yang katanya menista agama. Kok bisa2nya banyak orang menuntut hukuman mati, mengalahkan hukuman para koruptor kita, yang jelas-2 menyengsarakan banyak rakyat indonesia.

  5. Pingback: Selebaran dan Buku Pemicu Kekerasan Agama | Just Another Thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s