Wawancara dengan Pencipta Lagu “Nurdin Turun Downk”

Di sela-sela menyelesaikan tulisan yang urung rampung juga. Sesekali saya membaca beberapa berita, atau sekadar melihat thread kocak di kaskus.us. Kabar merebaknya video lagu nurdin turun yang sempat saya unggah di blog ini pun bertolak dari hasil surfing singkat itu.

Sebagaimana lagu gayus, ternyata perkembangan vodeo itu bertambah pesat. Sehari yang lalu ketika saya memutar video itu di YouTube, pengunjungnya baru sekitar 700-an. Hari ini saya membuka ulang, ternyata pengunjungnya sampai 4000-an. Pun kini ada tiga video masing-masing di upload oleh jjnahanBrew0ks, dan AndaiAkuJadiGayusMP3, dari yang sebelumnya hanya satu. Kenaikan yang cukup fantastis.

Laiknya Bona Paputungan, JJ Nahan dan saudaranya Stefany Nahan pun tentunya bakal menjadi sorotan. Tren topik baru seputar lagu Nurdin yang diunggah di YouTube ini tentu akan menjadi hangat di blog, facebook, atau twitter. Iseng-iseng coba saya telusur melalui search engine google dengan keyword “wawancara pencipta lagu nurdin mundur”, ternyata sudah ada situs yang menyorot pencipta lagu itu. Adalah i.goal.com, saya kira ia termasuk situs yang pertama kali menyoroti pencipta lagu ini.

Dalam liputannya, situs ini menerbitkan hasil wawancaranya dengan pencipta dan penyanyi. Melalui wawancara itulah kita bisa mengetahui apa yang ada di benak Nahan ketika menciptakan lagu itu.

Menurut Nahan, lagu itu dibuat untuk mengekspresikan pendapat. Mereka mengaku bosan dan capek dengan keangkuhan pada statement-statement Nurdin Halid di media. Walaupun kebanyakan masyarakat sudah mengupas habis borok dan sangat mendorong mundur Nurdin, Ia tetap keukeuh dengan jabatannya. Ini yang membuat Nahan, dan barangkali kebanyakan masyarakat, merasa dongkol dan muak.

Ketika di klarifikasi mengenai, mengapa ia memilih vodeo lagu, JJ Nahan mengatakan, demonstrasi saja tak mempan, apa lagi menggerutu atau teriak-teriak sendirian di depan TV setiap kali membaca atau menonton tayangan televisi. Dari situlah tercetus ide untuk membuat lagu.

Menariknya, Ia mengungkapkan bahwa lagu nurdin mundur downk diciptakan dalam waktu dua jam. Dikarenakan kurangnya persiapan dan keterbatasan alat, tak heran bila video dan lagu itu kualitasnya minimalis. Namun ia akan mengusahakan untuk membuat versi yang lebih rapih dengan gambar yang jernih.

Di akhir wawancara itu, Nahan berharap, dengan adanya video ini, makin banyak lagi masyarakat yang mendorong mundur nurdin melalui pelbagai media. “Supaya menjadi pukulan telak bagi para koruptor dan orang-orang yang haus kekuasaan,” tutup JJ Nahan.

Advertisements

4 thoughts on “Wawancara dengan Pencipta Lagu “Nurdin Turun Downk”

  1. Pingback: Video Lagu Nurdin Halid Turun « S . E . R . A . T

  2. Pingback: Muncul lagi Video Lagu Nurdin Halid; “Nurdin Ali” oleh Sayyidin Band « S . E . R . A . T

  3. Pingback: Protes Publik: Video Lagu Nurdin Halid Turun | Just Another Thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s