Ted Williams, Toni Blank, dan Popularitas

Kalau di Jogja, ada Toni Blank, di Colombus, Ohio, AS, ada Ted Williams. Dua tuna wisma ini sama-sama mendadak popular di dunia maya. Toni Blank menarik perhatian orang karena gayanya yang kocak. Sedangkan Ted Williams meluas namanya berkat anugrah suara emasnya. Video rekaman yang diunggah dalam dunia maya telah menarik jutaan lirik mata. Sementara polularitas Toni Blank melonjak melalui situs jejaring sosial Facebook, Ted Williams mulai dikenal orang melalui YouTube.

Namun membandingkannya sebagai karya visual, barangkali Video Toni Blank lebih terkonsep ketimbang Ted Williams. Video Toni Blank secara rutin diunggah dalam Facebook oleh X-code Film, salah satu kelompok film indie Jogja. Bak video wawancara ekslusif, pelbagai pertanyaan dijawab dengan sangat jelas, elegan. Yang menarik dalam wawancara itu. Toni selalu bisa membuat kita terbahak. Ia kerap menggunakan kalimat dengan susunan yang unik. Kocak, tepatnya. Namun ekspresi dalam wajahnya tampak sangat serius. Itu Toni di Indonesia.

Berbeda dengan Toni, Ted Williams, seorang tuna wisma yang juga tiba-tiba mampu menghebohkan dunia maya ini, menyuguhkan daya tarik suara. Namun ini berbeda dengan Sinta dan Jojo di Indonesia, atau moymoy palaboy asal Filipina. Kisah Williams lebih mirip dengan Susan Boyle, perempuan 49 tahun asal Inggris, yang juga punya suara emas dan sukses jadi penyanyi. Badanya, Williams memiliki suara bariton yang empuk dan cocok untuk penyiar radio atau televisi.

Video Williams bertajuk ‘Homeless man w/golden radio voice in Columbus, OH’ yang baru diunggah di YouTube pada 3 Januari 2011, ternyata sudah dilihat hampir 10 juta orang. Video itu pun mengubah hidup Williams. Dalam Video 90 detik yang dibuat oleh seorang juru kamera harian Columbus Dispatch itu, Williams memamerkan suara emasnya. Videonya sebentar memang, namun itu membuatnya kebanjiran tawaran. Pelbagai perusahaan besar seperti MTV, NFL dan ESPN pun tertarik menggandengnya.

Terbukti, suara baritonnya memang dahsyat.  Saya juga turut terhenyak ketika memperhatikan suara dan mimik wajahnya yang memang sekelas penyiar kenamaan. Ya. Ted Williams, Justin Bieber, Susan Boyle, Moymoy Palaboy, Toni Blank, atau Sinta dan Jojo, hanyalah contoh yang kebetulan kita ketahui. Kedepan, nampaknya situs video YouTube tetap bakal terus menelurkan selebritis-selebritis baru, baik yang memang berbakat, atau modal gaya saja.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s