Bola Memang Luar Biasa

Beberapa saat lalu, belum lama, publik selalu membicarakan AFF Cup 2010. Pelbagai status facebook terlahir. Bukan pejabat, atau pedagang asongan, juga membincangkan hal yang sama. Kini, sehari setelah pertandingan final usai dihelat, nampaknya perbincangan itu terasa sudah basi. Barangkali hanya tersisa bagi halayak media. Ya. Ini baru sehari. Berbeda dengan sebelumnya, di mana hamper setiap orang membicarakannya.

Menarik sekali mencuplik pernyataan ES. Ito dalam surat terbukanya kepada Firman Utina. “Sejujurnya, kami tidak mengharapkan Piala darimu. Kami hanya menginginkan kegembiraan bersama dimana tawa seorang tukang becak sama bahagianya dengan tawa seorang pemimpin Negara.” Kalimat ini saya kira cukup menggambarkan antusiasme masyarakat terhadam kejayaan bangsanya. Ini juga barangkali suatu dkeadaan yang disebut dengan Bhineka Tunggal Ika.

Beberapa saat kemudian selepas membaca surat itu, ketika saya tengah berkelana di forum kaskus, saya tertarik untuk melihat sebuah thread bertajuk “Kicauan Pemain Timnas melalui Twitter”. Di dalamnya terpampang beberapa status beberapa pemain, diantaranya Bustomi, Arif, Hamka, Bambang Pamungkas, dan Irfan Bachdim. Arif, melaui akun triternya itu, juga menandaskan hal yang sama sebagaimana dituliskan Ito. “Meleburnya jabatan, Kedudukan di GBK, menjadi satu kata Indonesia,” demikian ujarnya.

Keadaan ini cukup mencerminkan problem keberjarakan antara masyarakat dengan penguasa. Bahwa tidak ada  kondisi yang jauh lebih menunjukkan kekerabatan bangsa, selain di dalam stadion bola. Kenyataan itulah yang ada.  Kampanye pada saat pemilu, dimana pada wakil rekyat kerap mengunjungi rakyatnya, pun tidak lebih bisa melekatkan ikatan psikologis kedekatan terhadap bangsa. “Bola memang luar biasa,” saya kira itu kesimpulannya.haha..

Advertisements

5 thoughts on “Bola Memang Luar Biasa

  1. Pingback: Prediksi Keyword Populer 2011 « S . E . R . A . T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s